share (berbagi) itu sangat menyenangkan.. selain kita akan mendapatkan hal yang baru qt jyga disuguhkan dengan ilmu ilmu yang belum pernah qt ketahui sebelumnya.. masih banyak lagi hal hal yang dapat qt pelajari dari berbagi diantaranya ilmu ikhlas... ilmu ini tidak akan kita jumpai di sekolah.. kampus ato pelajaran pelajaran. ilmu ini hanya bisa kita jumpai ketika kita langsung praktek.. jd berbagi adalah media yang tepat untuk mengetahui seberapa ikhlasnya kita dengan orang lain.. ok..

ads

Tuesday, January 10, 2012

MAZHAB CAMBRIDGE

Alferd Marshall dianggap sebagai pelopor aliran atau Mazhab Cambridge (Cambridge school of economics) di Inggris
Marshall dianggap sangat berjasa dalam memperbarui asas dan pandangan-pandangan ekonomi yang dikemukakan pakar klasik dan pakar Neo klasik sebelumnya
Ø  Menurut kaum Klasik harga barang ditentukan oleh besarnya pengorbanan untuk menghasilkan barang. Dengan demikian bagi kaum klasik yang menentukan Harga adalah sisi penawaran.
Ø  Sedangkan menurut kaum Neo-Klasik (jevons, Manger dan Walras) bahwa yang menentukan harga adalah kondisi permintaan
Perbedaanya
kaum klasik lebih menentukan harga dari sisi Produsen
sedangkan Neo Klasik cara penentuan Harganya lebih pada sisi Konsumen
cambridge
Marshal tidak menyalahkan kedua konsep diatas tetapi menggabungnya. Menurut marshall, selain oleh biaya biaya harga juga dipengaruhi oleh unsur subyektif lainnya. Baik dari konsumen(Pendapatan/daya beli) maupun produsen(keadaan keuangan)




Ø  Dengan demikian bagi marshal harga terbentuk dari integritas kedua kekuatan tersebut yang menentukan harga dipasar.
Pertemuan antara permintaan dan penawaran yang menetukan harga yang terbentuk dipasar. Kalau harga dipasar lebih besar dari biaya-biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang, berarti perusahaan dalam jangka pendek memperoleh keuntungan. Akan tetapi, dalam jangka panjang keadaan akan lebih normal. Hal itu karena keuntungan yang dinikmati perusahaan tersebut akan menarik perusahaan-perusahaan lain untuk masuk pasar. Makin banyak perusahaan masuk pasar, berarti semakin banyak pula produksi dan penawaran. Kelebihan penawaran  atasa permintaan memaksa harga-harga turun dan keadaan kembali pada situasi semula
Jika banyak pembeli dan penjuala dan tidak ada halangan masuk dan keluar pasar (free entry and exit), dalam jangka panjang harga yang terbentuk di pasar hanya cukup untuk menutup biaya-biaya saja (di dalamnya sudah termasuk biaya-biaya buruh atau jasa para menejer perusahaan). Jadi, dalam jangka panjang perusahaan tidak memperoleh laba ekonomi yang tinggi sebagaimana dikhawatirkan para penentang aliran klasik. Sebaliknya, kaum neo-klasik percaya bahwa bentuk pasar persingan sempurna merupakan bentuk pasar yang paling efisien yang  akan menguntungkan semua pihak. Perusahaan-perusahaan memperoleh laba normal(normal profit), yang besarnya laba hanya cukup untuk bertahan dipasar. Para konsumen dapat membeli barang dalam jumlah cukup dengan harga rendah. Sumber-sumber daya dimanfaatkan secara optimum dan dialokasikan secara efisien.

No comments:

Post a Comment